ASSALAMU'ALAIKUM
Cang, cing, nyak, babe, abang, none, masuk aje!

Kamis, 18 November 2010

Menu kite yang unik dan asik

Assalamualaikum,

Sudah lama sekali saya ingin mempunyai blog mengenai kuliner khas Betawi, alhamdulillah sekarang baru sempat buat. 

Bicara soal kuliner betawi, kok masih jarang banget ya orang yang bicara tentang ini. Kalaupun ada tidak jauh dari nasi uduk dan sayur asem, makanan yang memang cukup familiar oleh semua orang. Cobalah tengok (bukan dahan dan ranting ya hahaha!) kue pEpE, dongkal, sop goreng asem,...pernah mendengar nama ini? Kalau anda orang Betawi asli pastilah nama ini tak asing ditelinga ya, (kalau gak tau, wah???!)

Masakan Betawi sangat beragam, dan yang pasti enak di lidah siapapun. Namun, uniknya dari masakan 
Betawi adalah judul-judul makanan/minumannya yang terkadang lucu, aneh dan rada gak nyambung (hehehe!). Yang lucu misalnya nama-nama kue yang tadi saya sebutkan sebelumnya kue pepe dan dongkal, bagi anda yang pernah mendengar dan mencicipi kue ini, harus mencobanya (karena ini kue kesukaan saya, hehehe...tapi asli enak lho!). Masakan yang gak nyambung judul sama makanannya contohnya sop goreng asem. Asli! untuk masakan ini bukan sayur sop isinya buah asam aja (masa asem di sop, hihihi siapa yang mau makan?).

Kalau anda penasaran dengan Menu kite yang orang Betawi ini, yuk kita share pengalaman kita. Saya pun berniat share ilmu dalam hal masak-memasaknya yang ilmunya langsung diturunkan (ceile kayak silat aje!) dari ibunda tercinta saya yang notabene penghuni asli kota Jakarta sejak jaman doeloe kala, hehehe.

Wasalam

2 komentar: